Nama Program
Program Pendidikan Profesi Ners
Institusi
Universitas Syiah Kuala
Email dan Situs Web
Detail akreditasi oleh badan profesional atau hukum
Program Studi Pendidikan Profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Terakreditasi grade ‘A’ (Sangat Baik/ Excellent) oleh Badan Akreditasi Perguruan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKES) Tahun 2020 dengan SK No. SK LAM- PTKes No.0501/LAM-PTKES/ Akr /Pro/XI/ Tahun 2020 untuk Program Pendidikan Profesi Ners
Nama Gelar
Perawat Profesional
Tujuan
Profil Lulusan (PLO) Program ini memberikan kesempatan bagi lulusan untuk menjadi:
1. Pemberi Asuhan
Merencanakan dan memberikan asuhan keperawatan untuk individu, keluarga, kelompok, dan komunitas yang sakit atau sehat dalam pengaturan klinis, keluarga, dan komunitas untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia secara komprehensif dan berdasarkan bukti
2. Komunikator
Mendemonstrasikan komunikasi yang efektif pada sistem klien dan kolaborasi tim perawatan kesehatan
3. Pendidik dan promotor kesehatan
Mendidik dan mempromosikan sistem klien untuk mandiri dalam mengurus dirinya sendiri
4. Manajer dan Pemimpin
Menganalisis organisasi asuhan keperawatan dan berkoordinasi dengan tim Kesehatan dengan menunjukkan sikap kepemimpinan untuk mencapai tujuan perawatan klien
5. Peneliti
Menerapkan pendekatan ilmiah untuk memecahkan masalah keperawatan
Capaian Pembelajaran/Intended Learning Outcome (ILO ) terdiri dari:
1.Sikap (A)
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi nilai-nilai moral, etika, hukum, budaya, profesional, dan mandiri dalam keperawatan
2. Pengetahuan (K)
Menguasai ilmu keperawatan untuk melakukan asuhan keperawatan berbasis bukti dengan menggunakan pendekatan proses keperawatan.
3. Keterampilan (S)
S1: Mendidik dengan ilmu pengetahuan dan kemampuan komunikasi
S2: Kompeten, rasional, kritis, sistematis, kreatif, inovatif, kolaboratif, peka sosial, dan bertanggung jawab secara ilmiah kepada komunitas profesional dan klien dalam menjalankan profesinya
4. Kompetensi (C)
C1: Memberikan asuhan keperawatan Islami profesional dalam pengaturan klinis dan komunitas untuk meningkatkan kualitas asuhan keperawatan dan keselamatan klien
C2: Menggabungkan temuan dari ilmu keperawatan dan penelitian teknologi untuk mengatasi masalah kesehatan klinis dan berbasis komunitas
C3: Mengembangkan, menyebarluaskan, dan berinovasi penelitian dan teknologi dalam keperawatan klinis dan berbasis komunitas.
C4: Meningkatkan keterampilan keperawatan profesional melalui pembelajaran seumur hidup
C5: Mengembangkan kepemimpinan dan manajemen keperawatan Islam dan berkoordinasi dengan tim kesehatan lainnya
Persyaratan penerimaan
Mahasiswa profesi adalah mahasiswa lanjutan dari lulusan sarjana yang telah melewati 2 tahap seleksi, yaitu tahap kelengkapan administrasi dan tahap wawancara.
Jumlah Penerimaan Mahasiswa Tahunan
140 mahasiswa baru per tahun
Strategi Pengajaran, Pembelajaran, dan Metode Penilaian
SKS untuk 2 semester adalah 36 (57,93 ECTS), dimana terdiri dari 12 mata kuliah.
Metode pembelajaran meliputi Pre & Post Conference, Demonstrasi, Diskusi Kasus, Bedside teaching, Nursing Round, Role modelling, Seminar, Tutorial di Klinik/Komunitas, Laporan kasus, dan Hand over yang digunakan sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai di masing-masing bagian .
Metode penilaian terdiri dari penilaian formatif dan sumatif. Penilaian formatif dilakukan selama proses pembelajaran, sedangkan penilaian sumatif adalah evaluasi untuk menilai hasil jangka panjang dan biasanya dilakukan pada akhir program pembelajaran, aspek perilaku yang diperhatikan harus mencakup aspek kognitif (pengetahuan), psikomotorik. (keterampilan), dan afektif (sikap dan nilai)
Masa studi standar dan poin kredit diperoleh
2 Semester untuk NPE
36 Kredit untuk Sarjana Keperawatan dengan 57,93 ECTS (1 jam=29 ECTS)
Tipe
Waktu penuh
Kesempatan kerja
100% melanjutkan ke Program Pendidikan Profesi Ners (NPEP)
Tanggal dimana spesifikasi program direvisi
Juli 2022